Miyamoto Musashi


Miyamoto Musashi (宫本 武 蔵),mungkin bagi sebagian atau semua penggemar Tikam Samurai ini sudah Miyamoto Musashitak asing lagi mendengar atau membaca nama tersebut.Ya dialah si Samurai legendaris dari negara para Samurai sana Jepang.

Apakabar para penggemar Tikam samurai,dan pencinta karya Bapak Makmur Hendrik pada umumnya.di karena belum ada materi untuk melanjutkan cerita TS yang kita cintai🙂 untuk sementara saya coba untuk mengisi Blog ini dengan sedikit ulasan tentang cerita Samurai,yang mana saya rasa Bapak Makmur Hendrik sendiri juga terinspirasi dari cerita-cerita samurai yang pernah di tulis atau di filmkan oleh berbagai pihak dan kita harapkan juga cerita dari Tikam Samurai yang kita cintai ini (ngarep.com🙂.

Semoga ulasan ini ada manfaat nya bagi penggemar TS atau pembaca Blog ini.karena bagi saya cerita tentang Miyamoto Musashi ini sangat Inspiratif walau saya agak telat membaca nya,saya berharap sewaktu kecil atau remaja bisa membacanya,karena bisa di jadikan inspirasi bagi kehidupan ini,karena mengandung nilai-nilai dan karakter yang kuat sebagai Hero maupun sebagai manusia biasa.

Miyamoto Mushasi atau lebih akrabnya di sebut musasi adalah seorang samurai dan ronin (samurai pengembara/tanpa tuan).yang sangat terkenal di abad pertengahan di Jepang.Lahir dengan nama shinmen Takezo tahun 1584 di salah satu daerah di Provinsi Higo.Ayahnya bernama shinmen Munisai dan nantinya mempunyai anak bernama Miyamoto Iori (anak angkat dari salah satu sepupunya,wikipedia).

Cerita tentang Musasi ini sendiri juga banyak di Buku kan atau di bikin ke sebuah novel epik oleh beberapa penulis seperti : The Lone Samurai,the life of Miyamoto Musashi di tulis oleh William Scott,Miyamoto Musashi:his life and writings oleh Kenji Tokitsu,The Book of Five Rings:Miyamoto Musashi oleh Thomas Cleary,dan banyak lagi penulis novel dan Biography.Dan yang paling terkenal khususnya di Indonesia adalah Novel yang di tulis oleh Eiji Yoshikawa.

Dalam buku-buku tersebut di gambarkan bagaimana seseorang yang berasal dari “kampung” bisa menjadi terkenal karena karakter dan perjuanganya bisa menjadi terkenal dan di segani sampai jauh setelah dia meninggal.
Nama masa kecil musashi adalah Bennosuke,saat berumur 7 tahun ayahnya Munisai Hirata meninggal,tidak lama setelah itu ibunya juga meninggal.Jadi akhirnya dia ikut Paman nya dari pihak ibu.dan saat itu dia mulai belajar ilmu beladiri Kendo.Dan pada usia 13 tahun dia di tantang oleh seorang anak dari sebuah perguruan Shinto Ryu,yang bernama Arime Kihei dan berhasil dia kalahkan.

Dan pada umur 16 tahun,kembali dia melakukan duel dan kembali memenangkannya.Setelah dia kabur dari rumah dan mulai mengembara untuk belajar Samurai secara otodidak dan mengembangkan nya sendiri.Dan telah ikut berbagai duel atau kontes pertarungan sampai berumur 50 tahun.dan dalam pengembaraannya itu,dialah telah mengalahkan berbagai samurai yang terkenal dimasa itu,seperti samurai keluarga Yoshioka,jagoan tongkat Muso Gonosuke dan duel yang paling terkenal adalah dengan Sasaki kojiro dari sebuah perguruan yang di segani dengan Pedang Panjang nya di kalahkan oleh musashi dengan teknik dua pedangnya.

Selain duel-duel tersebut,Miyamoto Musashi juga mengikuti peperangan yang lazim di zaman tersebut,yang paling terkenal adalah pertempuran Sekigahara antara Tokugawa Ieyasu dan Toyotomi Hideyori,dan musashi mendukung Toyotomi Hideyori.Setelah peperangan itu akhirnya,musashi menyepi di daerah Kyushu dan disanalah dia mengembangkan falsafah sejati dari beladiri Kendo di selingi dengan mengajar di sebuah kuil Kumamoto.Dalam ‘penyepian’ dia itu dia berhasil menciptakan dan menulis sebuah buku tentang seni perang dan memenangkan duel Go Rin No Sho atau lima cincin/lima unsur.buku ini juga di jadikan salah satu rujukan untuk mengenal jiwa dan pola pikir dari masyarakat jepang.Tidak lama setelah itu dia meninggal di Kyushu pada tahun 1645.

Pengaruh dari hidup samurai yang legendaris ini telah menjadi Studi kehidupan dan hasil karya Musashi masih tetap relevan pada masa kini, karena mencakup taktik dan strategi yang dapat diaplikasikan untuk berbagai kegiatan praktis seperti periklanan, bisnis, dan militer. Berbagai produk budaya seperti film dan buku sastra juga tetap diminati masyarakat, diantaranya yang terkenal ialah buku karya penulis Eiji Yoshikawa dan film karya sutradara Hiroshi Inagaki. Inspirasi yang diberikan oleh Musashi tidak saja terjadi pada masyarakat Jepang, tetapi juga pada masyarakat dari berbagai penjuru dunia.
Demikian ulasan dari Tikam Samurai ini semoga bisa menjadi inspirasi dan ide baru untuk mencari buku bacaan bagi kita semua,(y)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: