Siapa Berminat Filmkan Novel Tikam Samurai


blog ini saya buat untuk mengumpulkan cerita /navel dari Tikam Samurai yang di karang oleh Bpk.Makmur Hendrik,karena sulitnya menemukan dan mendapatkan bukunya..jadi yang akan saya terbitkan di blog ini adalah hasil dari mengumpulkan dari beberapa sumber,:

,http://andiko2002.multiply.com/journal/item/20/Tikam_Samurai,

http://cunop.wordpress.com/2012/01/19/tikam-samurai-bagian-70/,

http://hariansinggalang.co.id/

OPINI | 14 February 2011 | 04:51Dibaca: 1023 Komentar: 29 2 dari 3 Kompasianer menilai menarik
Cerita ini pernah dimuat di harian lokal di Padang. Sekitar awal 1980an. Ceritanya heroik, romantic, tragis, yang berlatar belakang dendam, cinta, persahabatan dan petualangan. Dibalut dengan perkawinan jurus silat Minangkabau dengan ilmu pedang Samurai Jepang.Belakangan, novel kembali ditayangkan sebagai cerbung di harian Singgalang sejak 1 Desember 2008.

Tentang Pengarang

Tikam Samurai adalah karya monumental dari Makmur Hendrik, pria yang lahir tanggal 7 Juni 1947 di desa adat Buluh Cina, tak jauh dari Kota Pekanbaru. Namun sejak 1964, Makmur Hendrik berdomisili di Sumatra Barat, dan sangat mengenal budaya, adat dan filsafat Minangkabau. Menurut pengakuannya, inspirasi karya-karyanya banyak diambil dari keagungan filsafat Minangkabau dan sejarah panjang berbagai peristiwa besar sejak zaman penjajahan Belanda, pendudukan Jepang, dan pemberontakan PRRI . Dan pengenalannya yang mendalam terhadap Minangkabau itulah yang membuatnya terdampar menjadi penulis.

Sinopsis Tikam Samurai

“kau tak akan selamat Saburo. Aku bersumpah akan menuntut balas dari akhirat. Kau akan mati dibunuh oleh Samuraimu sendiri. Akan kau rasakan bagaimana senjatamu menikam dirimu. Kau akan ditikam oleh Samurai yang kau bawa dari negerimu. Ingat itu baik-baik. Aku bersumpah…..”

Tikam Samurai bercerita tentang kisah hidup seorang anak muda yang berasal dari desa Situjuh Ladang Laweh, yang terletak di kaki Gunung Sago, Sumatra Barat. Tragedi bermula dengan penyerbuan sepasukan kecil tentara Jepang di sekitar tahun1942 ke desanya. Kebengisan tentara Jepang mengakibatkan ayahnya tewas di tangan Saburo Matsuyama, seorang perwira lapangan dan ibu dan kakak perempuannya ikut menerima dampak buruk dari perlakuan prajurit Jepang.

Si Bungsu nama anak muda itu, satu-satunya yang selamat di keluarganya. Samurai yang ditinggalkan oleh Saburo menjadi sarana latihan untuk mulai meretas jalan menuju Jepang untuk menuntut balas. Ia akhirnya menciptakan jurus Samurai yang khas yang dapat memenangkan pertarungan demi pertarungan melawan para penjahat bahkan prajurit Jepang sendiri. Beberapa prajurit Jepang melakukan harakiri untuk mengakui kekalahannya menghadapi si Bungsu.

Berbagai peristiwa unik dengan latar sejarah akhirnya mengiringi perjalanan si Bungsu menuju Jepang. Berkenalan dengan anggota pasukan khusus Inggris Green Barret dan bertarung dengan Yakuza. Dia akhirnya berhasil menemukan pembunuh keluarganya, Saburo Matsuyama, musuh besarnya di Kyoto, dan mengantarkan Saburo untuk memilih harakiri setelah dikalahkan dalam pertarungan Samurai sejati oleh si Bungsu.

Perjalanan Samurai Minang itu juga dibalut dengan kisah romantiknya dengan para gadis yang dikenalnya, Mei-Mei, Mei Ling, Salma dan yang paling tragis : Michiko Matsuyama yang sangat mencintainya, yang juga putri Saburo Matsuyama, sang pembunuh ayahnya !! Dalam beberapa episode, Amerika Serikat juga menjadi latar belakang cerita ini.

Konon, Tikam Samurai menjadi inspirasi bagi ribuan pemuda Minangkabau untuk merantau dan menaklukkan negeri-negeri yang jauh dan menantang : Singapura, Jepang, Australia dan Amerika Serikat. Si Bungsu juga memotivasi kita untuk tidak mengenal rasa takut. Tekun berlatih dan optimalkan ilmu pengetahuan, itu kuncinya. Maka bangsa manapun dapat dikalahkan, bahkan dengan senjata yang mereka ciptakan sendiri.


3 responses to “Siapa Berminat Filmkan Novel Tikam Samurai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: